LATIHAN QUIZ – UTS – MANAJEMEN PEMASARAN -ENTERPRENEUR

  1. Setiap usaha dalam menjalankan aktivitas usahanya selalu menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukannya dalam rangka pencapaian tujuan usaha yang diharapkan, tidak terkecuali rencana kegiatan pemasaran. Gambarkan dan jelaskan tahapan-tahapan Proses Perencanaan Pemasaran?

Jawaban:

Marketing Proses

Penjelasan :

Tahap 1: Meneliti dan Analisis Situasi Bisnis

Pada tahap ini seorang wiraswastawan harus mengetahui semua informasi yang terjadi pada kondisi pasar sekarang, lingkungan-lingkungan apa saja yang mempengaruhi perusahaan baik itu lingkunan internal ataupun eksternal, mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan,  bahkan seorang wirausahawan harus dapat memproyeksikan peluang /prospek dan ancaman kedepan terkait suatu bisnis.

Tahap 2:  Mengerti dan memahami pasar dan perilaku konsumen

Tahap selanjutnya seorang wiraswastawan harus dapat mengetahui konsumen yang akan dijadikan sasaran, apakah mereka konsumen akhir atau konsumen organisasi, karena dari masing-masing jenis konsumen mempunyai perilaku, sikap dan pola yang berbeda-beda dalam menentukan proses pengambilan keputusan pembelian, sehingga pendekatan yang digunakannya pun akan berbeda.

Tahap 3: Mendefinisikan Segmentasi, Target, dan Posisi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar kedalam kelompok homogen yang lebih kecil. Hal ini membantu wiraswastawan mendefinisikan peluang dan memberikan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang dapat dikelolah. Sekali pasar teridentifikasi dan terbagi, wiraswastawan bisa memutuskan apakah akan masuk pada sebagian atau seluruh segmen pasar. Di samping itu, ancaman bagi keberhasilan harus dipertimbangkan dalam segmen pasar

Tahap 4: Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Sebelum keputusan  strategi pemasaran bisa diuraikan, wiraswastawan harus menetapkan tujuan dan sasaran pemasaran realitis dan spesifik baik dalam skala jangka panjang ataupun jangka pendek. Sasaran dan tujuan tersebut harus menguraikan kemana perusahaan diarahkan dan menspesifikasi hal-hal seperti pangsa pasar, laba, penjualan, penetrasi pasar, jumlah distributor, tingkat kesadaran, peluncuran produk baru, kebijakan penentuan harga promosi penjualan dan dukungan periklanan.
Tahap 5: Mendifinisikan Strategi Pemasaran dan Usaha yang dilakukan

Sekali tujuan dan sasaran pemasaran ditetapkan, wiraswastawan bisa mengembangkan strategi untuk tujuan tersebut. Strategi tersebut merespons pertanyaan,” Bagaimana kita akan kesana? Penting sekali bahwa strategi dan tindakan yang diambil bersifat spesifik dan terperinci. Media-media atau alat-alat apa saja yang digunakan untuk itu bahkan terkait strategi aliansi harus dipertimbangkan seperti siapa saja yang menjadi rekanan penting, saluran distribusi, supplier.

Tahap 6: Perancangan Tanggung Jawab Implementais dan Pengukuran Strategi Pemasaran

Rencana harus diimplementasikan dengan efektif untuk memenuhi semua tujuan yang diinginkan. Wiraswastawan harus bertanggung jawab bagi implementasi tiap-tiap strategi dan tindakan yang diambil dalam rencana pemasaran. Keputusan perencanaan efektif harus mempertimbangkan biaya-biaya dalam implementasi keputusan tersebut. Jika asumsi diperlukan, asumsi tersebut harus dinyatakan dengan jelas sehingga siapa pun yang menelaah rencana pemasaran memahami implikasi tersebut.

 

  1. Setiap usaha harus memilih segementasi pasar yang tepat, sehingga segmentasi pasar menjadi sangat penting bagi wirausahawan.
    1. Apa yang melatarbelakangi pentingnya segmentasi bagi perusahaan?
    2. Jelaskan 5 variabel indikator agar proses segmentasi efektif

Jawaban:

a. Pentingnya segmentasi

  • Segmentasi memungkinkan untuk lebih focus masuk kepasar yang sesuai dengan kompetetitif perusahaan.
  • Karena segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus mengalokasikan sumber daya yang ada.
  • Segmentasi basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik, dan value secara keseluruhan.
  • Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing dari sudut unik dan cara yang berbeda.

b. Segmentasi yang Efektif

  • Dapat diukur (measurable)

Ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati. Sejauh mana ukuran dan daya beli segmen dapat diukur

  • Dapat diakses (accessable)

Sejauh mana segmen itu dapat diakses dan dilayani secara efektif.

  • Cukup besar (substantial)

Sejauh mana segmen itu cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dilayani sebagai pasar. Sebuah segmen sebaiknya merupakan kelompok homogen yang secara ekonomi paling layak mendukung program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan segmen itu.

  • Dapat dibedakan (differentiable)

Sejauh mana segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsur dan program bauran pemasaran yang berbeda.

  • Dapat dilaksanakan (actionable)

Sejauh mana program yang efektif dapat didisain untuk menarik melayani segmen – segmen tersebut.

  1. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar? dan berikan contoh aplikasinya dalam mengembangkan strategi pemasaran khususnya dengan pasar budaya di Indonesia?

Jawaban:

Budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol, yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Budaya bukan hanya bersifat abstrak tetapi bisa berbentuk objek material seperti rumah, kendaraan, peralatan elektronik, pakaian, undang-undang, makanan, minuman, musik, teknologi, dan bahasa.

Ciri khas budaya suatu bangsa mempunyai pengaruh yang sangat dalam atas pola gaya hidup dan tingkah laku orang, dan semuanya itu tercermin pada pasar. Kultur mempengaruhi setiap aspek pemasaran. Perusahaan yang berorientasi pemasaran hendaknya mendasarkan keputusan-keputusannya pada perspektif pelanggan.

Perbedaan budaya memiliki dampak terhadap keputusan pemasaran yang mempengaruhi produk, harga, distribusi daan promosi. Analisis Lintas Kultural mengacu kepada perbandingan sistematis berbagai perbedaan dalam aspek materi dan perilaku kultur. Dalam pemasaran, analisis lintas kultural digunakan untuk mendapatkan suatu pengertian atas segmen-segmen pasar di dalam dan di seberang batas-batas nasional.

Contoh :

  • Mobil Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung banyak anggota keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran Indonesia.
  • Di sisi lain teh sariwangi juga memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya.
  • Bagaimana McDonalds yang terkenal dengan menu burgernya menyesuaikan menu nya ketika memasuki pasar Indonesia menyediakan paket-paket menu dengan nasi
  1. Kebutuhan dan keingingan konsumen terus mengalami perubahan, oleh karena itu untuk dapat memenangi persaingan para pemasar dituntut untuk dapat mengetahui perilaku konsumen.
    1. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
    2. Apa yang Anda ketahui tentang Opinion Leader (para pembentuk opini)? Jelaskan bagaimana pemasar mencoba untuk menggunakan para Opinion Leader untuk membantu menjual produk mereka?

Jawaban: 

a. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

  • Faktor budaya
    Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
  • Faktor sosial
    Selain faktor budaya, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.
  • Faktor pribadi
    Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
  • Faktor psikologi
    Titik awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.

b. Opinion Leader adalah orang-orang dalam kelompok referensi yang karena keahlian khusus, pengetahuan, kepribadiaan, profesi atau karakteristik lain yang menggunakan pengaruh sosialnnya kepada orang lain. Beberapa ahli menyebut kelompok ini sebagai tokoh masyarakat atau pengadopsi terkemuka.

Ketika tokoh masyarakat ini berbicara, konsumen mendengarkan. Pemasar mencoba untuk mengidentifikasi para pembentuk opini untuk produk mereka dan upaya pemasaran langsung ke arah mereka. Marketing Buzz melibatkan mendaftar atau bahkan menciptakan para pembentuk opini untuk melayani sebagai “duta merk” yang menyebarkan berita tentang produk perusahaan. Banyak perusahaan sekarang membuat program brand ambassador dalam upaya untuk mengubah pelanggan berpengaruh tapi sehari-hari menjadi penginjil merek.

  1. Dalam menyusun strategi pemasaran seorang wirausahawan harus mengetahui terlebih dahulu unsur-unsur variebel strategi pemasaran, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dan memenagkan persaingan.
    1. Jelaskan mengenai unsur-unsur variabel pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P?
    2. Apakah semua unsur-unsur strategi pemasaran tersebut harus dilaksanakan secara bersamaan?

Jawaban:

a. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P

  • Produk

produk merupakan segala sesuatu yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pasar. Dalam produk terdapat sifat-sifat atau atribut, baik yang nyata maupun yang tidak nyata, dimana keberadaannya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu produk dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya

  • Harga

Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya. Segala usaha yang dilakukan penjual untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen, dan membujuk mereka untuk membelinya, serta mengingatkan kembali konsumen lama agar melakukan pembelian ulang.

  • Place (Distribusi)

Jalur yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat dan saat yang dibutuhkan).

  • Promosi

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran, sehingga mendorong permintaan.

b. Apakah semua unsur-unsur strategi pemasaran tersebut harus dilaksanakan secara bersamaan?

Semua elemen marketing mix di atas, dapat dikembangkan perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam hal ini biasanya perusahaan menerapkan keempat elemen marketing mix di atas secara bersama-sama di dalam strategi yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh perusahaan membuat strategi pemasaran melalui gabungan elemen harga dan promosi, gabungan elemen harga dan distribusi, atau gabungan dari elemen harga, promosi dan distribusi sekaligus. Tentu saja dalam hal ini elemen produk selalu diikutsertakan karena produk adalah komoditas yang dipasarkan perusahaan, sehingga tanpa produk, pemasaran tidak akan dapat berjalan

Leave a comment